Toni Antasena Toni Antasena Author
Title: Profil Desa Jlegong
Author: Toni Antasena
Rating 5 of 5 Des:
Desa Jlegong adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Bejen tepatnya di kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Mungkin sedikit asing dengan...
Desa Jlegong adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Bejen tepatnya di kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Mungkin sedikit asing dengan nama Jlegong tetapi pasti kalian pernah menikmati hasil alam dari desa ini, karna banyak sekali hasil alam yang dapat kita jumpai di Jleggong. Mulai dari palawija, buah-buahan, bahan obat-obatan dan masih banyak lagi. Nama Jlegong sendiri mungkin di ambil dari kondisi geogravi alam di desa ini, karna tak jarang ketika kita berkunjung ke sini akan menemui tanjakan ataupun turunan sehingga di istilahkan "pating jrenglong" (dalam bahasa jawanya) sehingga di namakan Jlegong.

Desa jleggong berada paling utara di Kabupaten Temanggung karna memang langsung berbatasan dengan kabupaten Kendal di sebelah utaranya.

Desa ini memiliki 4 dusun yang terdiri dari Dsn Putat, Dsn Jleggong, Dsn Tembelang dan Dsn Sabrang. Masing-masing dari dusun Jleggong mempunyai potensi alam tersendiri dari hasil pertanianya. Salah satu hasil pertanian yang banyak kita jumpai di sini adalah Kopi dan Cengkeh, karna hampir seluruh masyarakat menanam kedua tanaman ini.

Selain itu yang menjadi produk andalan desa ini adalah Gula Aren yaitu gula yang berasal dari pohon aren yang dapat kita jumpai di sekitar desa ini. Biasanya para petani mengambil gula ini pada waktu pagi dan sore hari dan masyarakat masih mengolahnya dengan cara tradisional sehingga menghasilkan rasa gula yang khas, selain itu masih terjaga keaslianya.

Untuk hasil pertanian yang lain adalah padi jagung dan kacang tanah. Biasanya petani di desa Jleggong menanamya secara bergantian, Sehingga masyarakatpun tidak hanya mendapatkan satu jenis hasil panen.

Di desa ini masyarakat memiliki dua kepercayaan atau agama yaitu Islam dan Budha, meskipun demikian sangat terjaga kerukunan di desa ini. Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai petani dan berkebun.

Masih banyak lagi potensi di desa ini, untuk lebih detailnya silahkan berkunjung langsung ke desa ini.

About Author

Advertisement

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

  1. mas toni, bisa kontak aku di nomer 085729344419 ( agung amikom )

    BalasHapus

 
Top